Kenapa Guru Suka Dengan Kamu?


Di kelas kamu pasti adalah yang deket dengan guru dan kayaknya dibikin agak spesial gimana gitu. Gak jarang hal kaya gini bikin kalian iri dan dengki, hahaha… Padahal, to be honest, sebagai seorang guru, hal kaya gini adalah hal yang lumrah. And… guru tuh suka dengan murid bukan tanpa sebab. Kata pepatah sih bilang, gak akan ada asap kalau gak ada api. Tapi percaya deh guru di kelas gak bakalan mainan api. And this is reason, why teacher falling in love with you!maudy-ayunda-188

Ada banyak hal bisa kamu lakukan, supaya jadi kesayangan. I mean gimana caranya supaya kamu bisa menonjol di kelas. Secara garis besar, terutama bagi saya, pelajar itu hanya perlu memenuhi kriteria MISS. Waah udah macam Miss Indonesia aja nih. Tapi apa sih MISS itu? MISS singkatan dari Manner, Impressive, Smart, dan Social. Manner berarti dia punya tingkah laku dan perilaku yang baik, Impressive artinya dia menarik secara looknya, Smart artinya dia tidak hanya pintar melainkan juga cerdas, serta Social yang artinya dia memiliki kepedulian dan juga kepekaan terhadap apa yang ada di sekitarnya. So, ini penjabaran dari beberapa hal yang disukai guru dari seorang siswa:

  1. Memiliki attitude yang baik

Seorang siswa yang besar di lingkungan pendidikan sudah seharusnya memiliki sikap, sopan santun, perilaku, dan tata krama yang baik. Sudah jadi rahasia umum, kalau pelajar jaman sekarang, khususnya di lingkungan Jawa, tata krama ini sudah sangat terdegradasi alias luntur. Murid dengan gurunya tidak lagi bisa berbahasa krama. At least, kalau memang kalian tidak bisa berbahasa krama inggil, maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Attitude tidak hanya ditunjukkan oleh peserta didik terhadap guru, namun juga peserta didik terhadap temannya. Tapi jaman sekarang guru itu agak susah ngomongin soal moralitas, karena apa? Anak jaman sekarang tidak mempan dikasih nasihat, begitu dikasarin dikit, guru diteriakin HAM. Pada akhirnya guru jadi nyari aman, terserah yang penting di kelas ngasih pelajaran, masalah moral? Pfftt… oh ya attitude yang baik juga hendaknya ditunjukkan dalam berjejaring sosial.

  1. Profesional

Jangan salah gunakan kedekatan kalian dengan guru. Nih terutama guru-guru muda yang biasanya banyak dimodusin. Be profesional guys! Guru kalau dideketin dengan arti yang berbeda bisa gampang ill feel lho. Bercanda juga jangan kelewatan, ngobrol juga jangan kelewatan, apalagi naruh perasaan, serius jagan kelewatan kalau gak mau baper! Guru juga males ama reaksi bocah yang over, apalagi yang udah SMA nih, please kalian bukan anak kecil, jangan manja kaya anak kecil yang gak dibeliin balon toet toet.

  1. Aktif di kelas

Aktif in positif way. Karena aktif itu ada dua, pertama aktif dalam pembelajaran dan kedua aktif ngobrol dengan temannya. Yang pertama bikin guru pengen ngasih bonus nilai yang kedua bikin guru pengen ngegethok! Seriuss aktif di kelas untuk bertanya, berpendapat, menjawab, atau sekedar menjelaskan sesuatu dapat meningkatkan daya tawar kalian di mata guru. Anak aktif itu ngegemesin, karena sebagai indikator kalau kalian itu memperhatikan ketika dijelaskan. Selain itu keakftifan hendaknya juga ditunjukkan di luar kelas. Serius, siswa yang punya determinasi, daya juang, mau kerja keras, gigih, dan gak memble otomatis dapat arting plus plus dari guru.

  1. Cerdas

Wooh kalau ini sudah pasti. Siapa sih guru yang gak suka dengan murid cerdas? Saya berani bertaruh, hanya guru kolot nan otoriter yang gak suka murid cerdas, ingin tahu kenapa? Karena mungkin guru tersebut takut kalah saing dengan kalian. Tapi…. jarang banget guru macam itu. Cerdas itu tidak hanya dia mudah mengerti materi pelajaran, namun juga cara kalian dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi.

  1. Berani Menerima Tantangan

Ada anak pinter tapi gak cerdas. Lihat aja kalau ada tawaran-tawaran lomba yang ada ya itu-itu aja anaknya. Disuruh ikut lomba, alesannya banyak, padahal gratis, kalau menang duitnya buat dia juga. Tapi gak mau? Ckckck kalah sebelum bertanding dan suayaang banget, itu kesempatan lho kesempatan. Guru itu seneng dengan peserta didik yang kalau ada tawaran-tawaran lomba gitu dengan cekatan bilang iya. Guru kadang gak butuh dengan hasilnya seperti apa, tapi lebih bagaimana dia mau berproses, berusaha semaksimal mungkin, dan menjalankan misi sebaik-baiknya. “Tong ada lomba karya ilmiah nih ikut ya?”

“Siap Pak!”

“Bagus, yuk Tong makan-makan dulu! Besok nilaimu tak tambahin kalau menang.”

  1. Impressive

Impressive itu kaitannya dengan tampilan, guru tuh suka aja gitu, kalau misal lihat kalian tampilannya rapi dari ujung kaki sampai ujung kepala. Murid-murid macam begini, kalau kata D Kadoor itu murid-murid yang ruisiikk sakayahe. Gak tahu D Kadoor? Search lah di instagram, selebgram hits asal Ngalam Kipa. Wajahnya juga selalu berseri-seri penuh semangat dengan senyum yang berbinar-binar. Ada pepatah mengatakan bahwa don’t judge people from the cover! Emang benar adanya, tapi ingat bahwa yang bisa dilihat orang pertama kali adalah penampilan dudu ati! Penampilan is not about tampang, tapi kalau kalian cantik atau ganteng ya disyukuri lah. Hoho…. yang penting kalian itu menarik, jadi kalau orang ngobrol di hadapan kalian orang tersebut langsung terkesan gitu lho. It’s look like “Hei anak-anak keluarkan pesonamu, aura mana aura?”

  1. Punya Jiwa Sosial yang Tinggi

Punya jiwa sosial bukan berarti kamu kemana-mana ngasih uang ke orang yang membutuhkan, galang dana buat ini itu, bukan! Ya meskipun yang semacam itu bagian dari jiwa sosial sih. Memiliki jiwa sosial artinya kita memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap apapun yang terjadi di sekitarnya. Kita bisa mengawali dengan sesuatu yang kecil, misalnya teman kita tidak paham terkait materi pelajaran, maka kita bisa datang membantu. Kita bisa menggagas forum belajar kelompok, atau sekedar jadi tempat curhat teman yang sedang ada masalah. Biasanya orang yang memiliki jiwa sosial juga akan tanggap dengan setiap perubahan, jadi kalau ada apa-apa langsung paham apa yang harus dilakukan. Inget juga, orang yang punya jiwa sosial gak ada waktu untuk sombong, petentang petenteng ngerasa paling bener, paling pinter, paling ulala nggak bisa dikibas!

Coba aja tujuh sikap itu kalian tanamkan dalam diri kalian, yakin seyakin-yakinnya Bapak/Ibu guru kalian akan mencintai kalian sepenuh hati, ngasih nilai juga gak bakalan setengah-setengah. Kalau misalnya tujuh point di atas, masih belum bisa bikin guru kalian seneng dengan kalian, udah sini jadi murid saya saja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s