Kadang Hidup Hanya Dibingkai Gengsi


“Banyak orang yang sok susah, in other hand, in same time, mereka juga mau dianggap hebat! Males banget ama orang-orang macam ini, realitasnya dimakan gengsi!”

Pernah gak sih nemu orang model gini? Pasti lah ya meskipun cuman satu pasti ada di sekitar kita. Tipikal yang kek gini itu adalah sok modus dan bermuka dua. Pernah nggak ada temen dateng-dateng tanpa diminta udah heboh dulu cerita, padahal gak dipersilakan juga “Eh aku tuh ya ampun kebutuhan bulan ini banyak banget, habis segini, gimana nggak aku harus beli ini, lunasin itu, bayar ini ono kacrut!”

Na yang kaya di atas itu namanya orang modus. Sok sokan jadi orang susah, tapi juga pamer, songong! Sekali mendayug dua tiga pulau terlampaui. Kalau dalam Sastra Indonesia itu ada ajas kaya gitu, biasanya pakai majas litotes sok sok an rendah tapi ninggi juga (eh gak relevan) atau majas ironi (eh ini mah ironis). Ya kalau lu kagak punya duit terus motivasi lu ngebeberin semua yang bisa lu dapetin itu apaan? Bukannya secara logika kalau lu gak punya duit lu gak bakalan bisa beli apapun? Hadeeeh entah lu punya standar ganda atau emang lu tipikal manusia yang kaga pernah bisa bersyukur. Udah bisa gini gitu masih aja ngeluh mulu!

Kalau yang kedua sebagaimana yang udah gue sebutin di atas, ini tipikal yang bermuka dua. Adalah temen yang kadang ngeluhnya soal hidup kek berasa jadi orang paling sengsara di dunia, eh di komunitas pergaulannya yang lain, she act like sosialita kelas atas. Susah ya kadang ama orang-orang yag begitu. Apa susahnya sih mengakui hidup sebagaimana hidupnya? Kenapa harus jadi orang lain? Kenapa harus menutupi sesuatu agar dianggap hebat, dianggap luar biasa dengan segala keterbatasannya? Kenapa gak berusaha jujur pada hidup? Orang bilang kalau hidup diawali dengan kebohongan, maka dia akan menyiapkan kebohongan-kebohongan yang lain untuk menutupi kebohongan awalnya. Gak capek ngejalanin hidup yang didasari kebohongan sistematis?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s