Trip Bandung (Part 5)


Hari Keempat
Malam sebelumnya gue ama Risa udah ngeplaning. Hahaha itu agenda terabsurd yang pernah kita rancang. Well hari ini kita pergi ke daerah Lembang. Tapi sebelumnya kita akan pergi dulu ke Universitas Pendidikan Indonesia, karena yang tahu jalan ternyata kuliah di sana. Hmmm jalan menuju Lembang ini ngingetin gue ama jalan menuju Kaliurang. Kanan kiri banyak kebun bunga gitu, beberapa kali kita ngelewatin objek wisata, sayang aja sih kita gak ada waktu buat mampir-mampir. Hawa di sana adem, kebun strawberry juga banyak, and finally kita sampai juga ke tempat tujuan.

Ini salah satu jalan yang akan menuju Lembang

Ini salah satu jalan yang akan menuju Lembang

Bunga-bunga bermekaran, aih ciao bella, jadi pengen bobok

Bunga-bunga bermekaran, aih ciao bella, jadi pengen bobok

Nah begitu sampai Dusun Bambu Family and Leisure Park ini yang akan kalian lihat!

Nah begitu sampai Dusun Bambu Family and Leisure Park ini yang akan kalian lihat!

IMG_0661

I love this place very much @Dusun Bambu. Natural places, unique design, complete infrastructure, multiple diverse choices, this is why I amazed with Bandung. Their government able to conjure up every places become tourist area..
Padahal bahan mentah objek wisata ini tuh biasa aja, tapi stakeholder di sana mampu dan mau secara kreatif mengembangkan tempat itu menjadi tempat yang amazing, bikin orang ngerasa excited! That why di salah satu esai soal pengembangan potensi daerah saya menuliskan, bahwa potensi terbesar dari daerah itu bukanlah sumber daya alamnya, bukan hasil tambangnya, melainkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya, karena SDA yang baik bila tak dikelola dengan baik hanya akan ya begitulah, sedangkan SDM yang baik dia akan mampu mengolah sumber daya ala kadarnya menjadi sumber daya yang punya nilai jual (hope, for future Purworejo banyak belajar dari Bandung).
Dan salah satu yang menarik di sini adalah konsep kafe yang diusung, yaitu kafe sarang burung. Love this cafe concept. Food and drink price is not too expensive but to booking one of this unique room, it’s really really make me crazy. Very expensive for wanderer tourist like me. So, I just take a pict in front of them!

POse-pose pose salah satu bagian favorit dari Dusun Bambu nih snagkat butung yang dinamakan Lutung Kesarung!

POse-pose pose salah satu bagian favorit dari Dusun Bambu nih snagkat butung yang dinamakan Lutung Kesarung!

IMG_0685

Makanannya sih biasa harganya, tapi nyewa tempatnya itu bo mahal gela :D

Makanannya sih biasa harganya, tapi nyewa tempatnya itu bo mahal gela😀

Di awal kalian akan disambut sebuah tugu yang dibuat dari bambu, ada areal persawahan yang hijau, ada berbagai macam jenis kafe, ada toko souvenir, areal bermain anak-anak, kebun bunga ciaobella, ada danau dan air terjun buatan, kebun strawbery, saung, ya itulah, arealnya lumayan gede lah. Untuk naik maupun turun, kalian bisa lho naik mobil yang dihias kertas warna-warni. It’s for free. Oh ya Dusun Bambu ini di kawasan Cisarua, tiket masuknya mobil 10.000, motor 5.000, lalu per orang akan dikenai tiket masuk 10.000. waktu itu gue gak masuk ke kafe-kafenya sih, haha mahal Bo. Orang seperti gue, apalah daya😀 Jadi ya cuman numpang foto-foto doang.

Candid everywhere!

Candid everywhere!

Ahahay feel pro model :D

Ahahay feel pro model😀

Nah ini taman bermain untuk anak-anak

Nah ini taman bermain untuk anak-anak

It's time to Ciao Bellaan

It’s time to Ciao Bellaan

Look like lost boy! :D

Look like lost boy!😀

Kafe di Dusun Bambu nih

Kafe di Dusun Bambu nih

It's beautiful right?

It’s beautiful right?

Kayak bkan di Indonesia ya?

Kayak bkan di Indonesia ya?

ini yang gue bilang mobil free itu

ini yang gue bilang mobil free itu

Pulang dari Lembang sempet kesasar juga sih, secara gue ama Risa gak ada yang tahu jalan (itu tadi temennya yang nganter begitu sampai langsung balik lagi), haha mana waktu itu gerimis deras pula. Padahal gue ada janjian ama seseorang. Nah habis ini bakalan gue ceritain. Sebelum balik kami mampir dulu beli kue cubit green tea setengah matang, yang melted abis ketika dimakan. Eaaa… sampai di rumah langsung ganti pake baju batik. Lho lho lho, kenapa agak formal gitu? Eiimbb karena gue akan bersilaturahmi ke tempat Bunda Juju, Bunda dari 2nd runner up Miss Indonesia 2013, Shinta Safira. Hehe… Rumah beliau di daerah Arcamanik.
Setelah mencari-cari akhirnya ketemu juga, gak terlalu sulit sih nyarinya. Rumah ini masih sepi, ketika saya memutuskan untuk menunggu di luar pagar rumah, sembari memperhatikan air jernih di selokan. Tak beberapa lama, beliau mengkonfirmasi lewat sms bahwa benar itu rumah beliau (beliau sedang ada dalam perjalanan, yang ada di rumah adalah anak beliau). Dengan ragu-ragu, Risa, saudara saya (sekaligus tour guide tetap) mengetok-ngetok pagar rumah. Kami menunggu sebentar, ketika sesaat setelah itu seorang perempuan muncul dan menyapa kami dengan ramah sembari mempersilahkan masuk. Dialah Shinta Safira, 2nd runner up Miss Indonesia 2013. Sementara, Bunda Juju, sang ibunda, mengabarkan kepada kami tengah terjebak macet di Gasibu. Sampai di dalam dengan sotoynya saya nyemlong “Eh itu si Kriwil ya?” anak yang saya maksud adalah Ochan, si bungsu. Kami ngobrol banyak hal, mulai dari apa kesibukan Shinta saat ini, cerita-cerita seputar Miss Indonesia, hingga soal pengalaman kami masing-masing. Tak lama kemudian, Bunda Juju datang dan langsung menyapa kami dengan ramah, kami melanjutkan obrolan, Bunda mulai berbincang soal Rumah Autis, menyarankan kami untuk melanjutkan kuliah di Universitas kawasan Amerika, yang notabene memang tidak banyak yang apply. Saya banyak belajar dari Bunda, dari Shinta, juga dari satu lagi anak beliau yaitu Ibe. Ibe adalah anak yang spesial, bahasa Inggrisnya bagus, saya juga dibuat ternganga dengan kemampuannya berbahasa Jepang, dia juga jago main piano. Ibe sekarang kelas XI di salah satu SMK di Bandung, saya sudah sering lihat foto Ibe, tapi baru kali ini saya berjumpa dengan dia dan melihat dia begitu bersemangat dalam bercerita. Bagi saya Bunda adalah wanita yang hebat, beliau adalah ibu sekaligus sahabat bagi anak-anaknya, beliau juga orang yang tangguh dan banyak bekerja untuk kemanusiaan. Kami berbincang banyak soal pendidikan, saya jadi banyak tahu mengenai anak-anak spesial dan juga sistem pendidikan di Amerika. Dan ini sangat menarik, ketika di sana anak-anak dibuat belajar semenyenangkan mungkin, namun di sini anak-anak belajar dengan beban seberat mungkin. Tak heran, Bunda kemudian berkelakar “Siswa Indonesia itu sudah biasa belajar dengan sangat keras, dapat beban yang banyak, yakin deh di Amerika itu mereka akan sangat mudah karena belajarnya nyantai, nanti bisa sambil bekerja juga” saya hanya tertawa. Keluarga ini adalah keluarga yang hangat, pertemuan pertama kami ini membuat saya merasakan bahwa saya sudah cukup lama mengenal dan bertemu dengan mereka. Bunda Juju, Shinta, Ibe, juga Rafi membuat saya banyak belajar. Sudah terlalu sore. Lantas kami pun berpamitan, karena kami harus maraton ke Batujajar ke tempat saudara sore itu juga.
In this pict: Shinta Safira, saya sendiri (dengan muka kusut dan kuyu baru turun dari Lembang, kehujanan, dan nyasar-nyasar,dan di foto ini berdiri dengan gaya Jawirnya), lalu Bunda Juju.

Salah satu agenda favorit kunjungan ke Bandung, ketemu ama si Miss, Pardon my tired face!

Salah satu agenda favorit kunjungan ke Bandung, ketemu ama si Miss, Pardon my tired face!

Ahahaha feel amaze!

Ahahaha feel amaze!

IMG_0817
Woyo….. seperti punya tenaga ekstra sore itu juga kami pergi ke Batujajar di Bandung Barat. Ciyaaa naik kereta. Sampai stasiun disambut hujan. Kami juga lantas mencari angkot, kana tak dijemput. Hahaha…. ini akan jadi pengalaman yang embuh😀 Why? Karena ini pengalaman pertamaku terjebak banjir. Kami harus jalan kaki di tengah banjir rob (itu jalan yang menuju kompleks Kopassus, di sana kan emangbanyak sekali pabrik). Menginap di sana semalam.

Baru kali ini lho aku ngerasain banjir :D

Baru kali ini lho aku ngerasain banjir😀

Haha dan akhirnya sandal di tenteng juga

Haha dan akhirnya sandal di tenteng juga

Leave a Reply

