That Why, Sawah Itu Mood Booster Ampuh


Meskipun saya anak desa dan anak dari salah seorang petani, namun saya tidak terlalu akrab dengan kehidupan sawah. Jujur lhošŸ˜€ Jadi, begitu melihat sawah, saya seperti layaknya seorang anak kota, yang kegirangan begitu sampai pematang atau meresa asyik sendiri ketika melihat padi-padi mulai tumbuh hijau. Bedanya, saya sudah terbiasa dengan sawah, tapi bagi saya, sawah selalu bisa menjadi mood booster setiap kali saya merasa jengah dengan hidup. Alahem… Seperti beberapa waktu lalu, kebetulan sawah sedang ditanami kedelai dan kacang hijau, saya diajak mengambil beberapa tangkai kedelai muda untuk sesudahnya direbus.

Inilah tampang awal saya yang sudah siap menyusuri pematang, di sawah yang tak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Dengan sabit di tangan dan muka bete, saya siap untuk melanjutkan perjalanan dan mencari mood booster.

???????????????????????????????

Sampai di sawah saya masih pasang tampang culun, bego, dan ngerti harus ngapain. Fine, saya tahu saya harus menyabit beberapa pohon, tapi masalahnya, saya tidak tahu sebelah mana sawah kami :3 Enyak masih asyik nongkrong di tempat tetangga, sedang saya menunggu dengan geregetan di pos ronda. Saya bukannya tak tahu sawah itu letaknya di mana, karena saya sudah beberapa kali ke sana. Hanya saya, saya merasa tak yakin, salah-salah kedelai tetangga hangatkan tubuhku *maaf gagal fokus.

IMG_7873

Then, petualangan pun dimulai. Enyak sudah berjalan menuju sawah. And this time, pasang tampang muka songong. Di belakang sana kedelai-kedelai dengan daun yang sudah mulai menguning itu siap dibabat dengan anarkis. Apalagi ditemani dengan soundtrack lagu-lagu yang ajub-ajub icikiwir, tambah semangarrtt aja.

???????????????????????????????

But first, we must take a selfie. Wkwkw…. kalian tahu, sudah saya sampaikan bahwa sawah itu bisa jadi mood booster yang cukup ampuh. Alasannya simple, seenggaknya, kita bisa dapet background selfie yang lain. Ngoookk. Jangan dengarkan gosip murahan semacam itu. No, I mean, asyik aja bisa jejingkrakan di sawah, so kebahagiaan itu harus dan wajib diabadikan.

IMG_7885

Belum juga banyak beranjak, enyak udah kasih warning. Det, nanti kalau mau nyabit, satu-satu aja ya. Itu dari pojokan yang sebelah timur lalu ke barat. Jadi jangan satu area lu habisin semua. Beuuhh… oke lah kalau begitu. Srrt sssrrttt ssrrrtt sampai menjelang Magrib, ane baru selesai ngambilin tuh kedelai. Rasanya tuh… hmmm lumayan capek. Yuk ah, pasang tampang muka lelah dulušŸ˜€

IMG_7888

And this time, to go back home. Udah kelar kan ya nyabitin itu kedelai, saatnya pulang ke rumah. Lumayan dapet banyak lho, tinggal metikin kedelainya rebus, tiriskan dan makan. Hahaa… mau mau mau? Ginilah enaknya jadi orang desa, soal konsumsi bisa kapan aja dilibas, beda kalau waktu jaman ngekost dulu, berasa hidup susah banget. Haha di desa? Penggemukan man, keep transformation, siapa tahu habis transformasi dapat pacar yang more and more then last lope lope! AseekkšŸ˜€

???????????????????????????????

Pituruh, 13:48, 14 Okt 2014

Leave a Reply

