Ketika Isu Wabah Mengalutkan Detektif Seni


IMG_6479

Judul               : Inferno

Penulis             : Dan Brown

Penerjemah      : Ingrid Dwijani Nimpoeno dan Berliani Mantili Nugrahani

Penerbit           : Bentang Pustaka

Cetakan           : cetakan kedua Oktober 2013

Halaman          : 644 halaman

Genre              : Novel detektif terjemahan

 

Wanita berambut perak, cari dan temukan, neraka, serta very sory (yang belakangan dia sadari sebagai versari) adalah beberapa hal yang melintas dan berkali-kali dia ucapkan. Profesor Robert Langdon terbangun dan menyadari dirinya berada di sebuah Rumah Sakit, di Florence, Italia. Dia menyadari bahwa seseorang telah mencoba untuk membunuhnya.

Itulah awal dari sebuah petualangan penuh teka-teki, Profesor Langdon. Upaya uji coba pembunuhan, mempertemukannya dengan Sienna, seorang dokter yang cukup jenius. Petualangan ini juga salah satunya perburuan yang dilakukan oleh agen Burder. Atas bantuan Sienna, Langdon kemudian mencoba memecahkan teka-teki dari awal. Dia menyadari bahwa satu misi penting telah dia emban, membawa sesuatu yang sangat berharga. Hal tersebut tak lain adalah sebuah kapsul berisikan peta neraka. Peta neraka membawanya ke berbagai museum, di bawah pengejaran orang-orang yang mencoba membunuhnya. Dia berusaha memecahkan misteri peta tersebut, peta yang digambar oleh Sang Legendaris Dante.

Teka-teki satu per satu terpecah. Terkuaknya keganjilan peta, pembacaan pesan dari syair Dante yang telah diubah, munculnya nama Betrand Zobrist, topeng wajah Dante, sampai petunjuk-petunjuk yang kemudian mengiring Dante ke Turki. Selama ini, ternyata Dante terlalu mengalami kompleksitas. Betrand Zobrist dalam aksinya memunculkan wabah, ternyata dibantu oleh konsorsium yang dikepalai oleh Provos. Lebih mengejutkan lagi, mendekati ending, Provos mengambil kebijakan untuk mendukung pimpinan WHO yang sebelumnya berseberangan dengannya. Hal ini karena Provos baru tahu, bahwa langkah mendukung Betrand Zobrist yang menganut paham transhumanisme cukup berbahaya bagi populasi umat manusia di dunia. Kejutan juga dimunculkan Dan Brown, ketika dia mengatakan bahwa Sienna ternyata adalah kekasih Betrand Zobrist, yang juga menganut paham transhumanisme. Kekacauan terjadi ketika mereka berpacu dengan waktu untuk menghentikan wabah yang oleh Zobrist ditebar di dekat Hagia Sophia. Di sebuah laguna yang ternyata tengah mengadakan konser besar. Mereka, WHO, agen Bruder, dan juga Langdon terlambat, patogen bermedium udara itu ternyata sudah menyebar ke seluruh dunia. Mereka salah menafsirkan pesan video mengerikan yang dikirimkan Zobrist, sebelum pimpinan transhumanisme itu bunuh diri, menjatuhkan tubuh dari atas menara.

Membaca karya-karya Dan Brown memang sedikit memacu adrenalin dan rasa ingin tahu pembaca. Inferto menghadirkan sesuatu yang sulit dipahami di bagian prolog, namun kemudian cerita mengalir dengan penceritaan tokoh yang melompat-lompat, alur yang saling berkejaran, dan juga teka-teki yang disisipkan pada tiap bagiannya. Membaca Inferto, membawa kita memasuki dunia yang nyaris sama dengan Da Vinci Code, bermain-main dengan dunia detektif. Pembaca disuguhkan detail cerita yang cukup menawan seolah-olah, mereka sedang terlibat dalam kerja mata-mata. Pembaca juga dihadirkan berbagai aspek kultural, artefak seni yang dikuliti habis-habisan oleh Dan Brown secara gamblang. Dia juga membawa pembaca ke tempat-tempat yang asing, namun menjadi sedemikian dekat dan nyata. Dan Brown seolah-olah menjadi juru kunci dari semua tempat tersebut. Novel cerdas, itulah yang sering saya sematkan kepada karya-karya Dan Brown. Ini untuk dua kalinya saya merasa terhenyak, setelah sebelumnya saya dibuat tergeleng-geleng oleh Da Vinci Code.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s