Saat Pejuang Memilih Tak Peduli


talk_to_the_hand_by_coppy_cat“Mas kalau Jumat saja bagaimana?” gue nelen ludah, kalau aja produksi ludah gue segalon, tetep bakalan gue telen. Hari demi hari, gue ngerasa kalau gue ngusahain sesuatu tuh zonk. Gue hidup tuh cuman butuh kepastian aja. Ini buntut dari curhatan-curhatan gue kemarin, kayaknya bakalan ngebentuk ekor cerita yang bakalan panjang. Gue capek, jujur! Bukan karena capek ngerjain sesuatu, gue gak ngerjain apa pun, justru cuman buang-buang waktu doang. Yang bikin gue capek adalah nunggu, justru karena gak ada kepastian gue capek.

Setelah kemarin harus melompat cukup lama, sampai minggu depan, hari ini penelitian gue mundur. Sekolah satunya malah gak jelas, katanya mau ngubungin tapi gak ngubung-ngubungin (males apa malah takut buat diteliti). Yaudah sih kalau emang gitu, fine lah. Gue juga gak bisa maksa dan ikut-ikutan jadi makhluk egois. Gue udah bosen diegoisin orang mulu, gak lucu aja kalau gue ikutan latah jadi egois. Lagian siapa juga gue! (kalau pun gue besok jadi siapa-siapa juga amit-amit jangan sampai gue egois). Kalau boleh jujur gue udah muak ama rumah, gue udah muak ama segala bentuk ketidakjelasan gini, termasuk gue muak ama diri sendiri.

Tapi yaudah sih. Satu kata fahhhh, itu yang gue bilang ketika lihat kalender. Mei banyakan libur, Juni udah mulai puasa, Juli udah lebaran. Terus gue kapan ada kesempatan buat nyelesein semuanya. Bodo deh, terserah orang mau maki-maki gue karena gak bisa lulus Agustus, talk with my hand. Gue udah gak peduli ama semuanya, termasuk yang lagi gue kerjain sekarang ini. Bukan karena gue nyerah, nggak sama sekali. Karena gue butuh waktu buat berpikir positif dan realistis. So what deh kalau gue gak lulus Agustus, masalah? Ngapain juga cuman pada ngemeng, ngebantu masalah juga kagak. Gue gak usaha? Mau dibilang gitu juga terserah. Semakin ke sini gue makin paham dan makin mateng, kalau pendidikan kita emang kacrut. Seenggaknya kelihatan lah dari proses gue sampai sejauh ini. Orang mau nyalahin gue juga terserah. Emang mereka peduli, emang mereka tahu gimana usaha gue buat semua ini? Mau tahu aja juga nggak. Kalau emang gue gak ada usahanya, gue gak mungkin ngider kek bocah murahan tiap hari, cuman buat ngemis kepastian, cuih banget lah. Kalau emang gue gak ada usahanya, gue juga kaga bakalan mati-matian, mengharuskan diri selesai hari itu kalau ada kerjaan. Gue gak peduli badan gue udah rasanya kek gimana, gue muntah-muntah, juga gue tetep ngewajibin segala kerjaan selesai hari itu (kalau emang ada kerjaan). Terus salah gue di mana? Gue cuman berharap bahan, udah gue mau di push hari itu selesai, juga gue bisa maksain diri kok. Mau gue dipaksa buat gak melek ibaratnya tiga hari full, gue bisa kok. Tapi apa gue pernah bisa maksa orang lain, bahkan untuk hal-hal yang menurut gue sepele banget? Nggak kan? Terus salah gue di mana? Oke apa yang sepele buat gue, mungkin gak sepele buat orang lain. Ngeeek..

Bodo gue gak mau ngebawa ini sampai titik stress. Kalau emang mau nilai gue, biar aja Tuhan nilai gimana gue. Bodo gue sekarang ngebayangin gimana sulitnya nanti, toh juga belum dijalanin. Let it flow. Gue bosen, udah gitu aja, karena gue gak tahu harus ngapain! Gue cuman percaya Tuhan gak tidur, gue cuman mau bilang “Gue mungkin gak bisa memberikan hasil terbaik atau apapun itu, tapi gue akan memberikan usaha terbaik”. Kalau nantinya masih ada yang nilai negatif juga fine, mungkin yang terbaik buat gue bukan sesuatu yang baik buat orang lain. Gue inget banget waktu-waktu di mana gue pernah ngerasa jahanam banget ama keadaan. Gue masih inget semuanya kok, dari awal gue berproses ini sampai pada titik sekarang. Yang pasti, Tuhan punya catatan atas semua itu kok. Gue tahu, kenapa semua itu terjadi, ya awalnya simple dari ketidakpedulian. Udah titik gitu aja, kalian gak penting tahu apa yang gue omongin.

 

Home, 13 Mei 2014 18:23

Leave a Reply

