Saat Skripsier Mencoba Curhat


Semalam gue diskusi dengan sesama temen skripsier gue. Dia hidup emang kebanyakan ngeluh, hahaha…. Gue sih ya ngoceh mulu, nih buat blog juga secara tersirat ngeluh. Tpi bedanya, gue kalau ngeluh kan elegan, eklusif, dan fenomenal (sensasi kali ah). Untuk tahu, gimana resahnya para skripsiers dalam merampungkan skripsinya, simak percakapan dua tokoh kita ini.

Ketika gue sedang enak-enaknya santai, tiba-tiba… thelole lole lole lolet… sebuah pesan singkat masuk. Gue tengok sebentar, wah tumben nih partner skripsi gue yang udah lama kaga ada kabar tiba-tiba nongol kek jelangkung. Jiah ternyata dese nanya soal penelitian, intinya dese nanya salah satu items soal dari instrumen penelitian yang udah dibikin, kemudian perkepoan dilanjut dengan nanya-nanya gimana progress, dll. Alhasil kami jadi cucok rumpi berdua (haha istilah ini diciptakan salah satu temen gue untuk ngomentarin kebiasaan dan habitus orang-orang di lingkungan tetot* kami. *tidak boleh dipertanyakan lebih jauh). Mulai dari gimana kalau gurunya gak ngeh ama pertanyaan-pertanyaan dese, soal dese yang gak dimintain proposal (insiatif dong, gue aja gak diminta tetep ngasih kok, seenggak-enggaknya hal kek begindang bakalan nunjukin keseriusan kita dalam penelitian, emberan sih hal-hal kek gini bikin gue bangkrut :3 ). Dilanjut dengan berkeluh kesah haha, nah ini die temen gue yang gue bilang easy to up and down. Salah satu kegalauannya akhirnya keluar juga, “Kira-kira lu selesai penelitian kapan? Gue minggu nih kaga selesai kayaknya😥 Olah datanya bareng yuk, gue kaga ada gambaran.” Haha anak jaman sekarang ajaib bener, udah penelitian, udah bikin skripsi tapi gak ngeh itu data-data mau diapain (gue sih udah ada gambaran, cuman teknisnya bijimane, besok deh sambil jalan nyari-nyari referensi). Nah inilah kerempongan gue dengan emaknya rempong. Dialong gue ama sebut saja Ember.

Gue: Lu kira-kira selesai kapan penelitian? Yang ribet itu bikin transkrip cing, harus didenger langsung diketik :3 lu jadinya berapa sekolah?

Ember: Lu ada dokumentasi foto kaga? Belum tahu cong, yang Tiiiittt (sensor) aja surat izin baru jadi besok Selasa, gak tahu dah, kemarin kan dah di Tooottt (sensor) tapi urusannya langsung ama kepsek, gak lewat TU, sedang kepsek gak di tempat jadi masih nggantung. Malah yang di SMP brooot (sensor) dulu waktu ke sana suruh langsung make surat dari Balaikota, kemarin ke sana malah ditanya surat pengantar dari kampus, weww jahara bingiiitt deh.. grgrgrgr

Gue: Lu udah baca tulisan blog gue belom? Lu bakalan tahu gimana ribet dan capeknya gue. Haha dari bulan kemarin kan emang banyak curhatan soal skripsi

Ember: Udah, kasihan banget lu cong, hahhaa apalagi kalau lu tahu kisah gue, lebih ngenes dari lu cong.

Gue: Ciye yang ngeklaim ngenes-ngenesan. Yaudah lah gue ikhlas ngenesnya buat lu semua. Wkwkw…

Haha habis itu dese gak bales sms gue. Yaps, intinya sih gitu ya, buat orang yang lagi ngerjain skripsi, partner itu penting banget, terutama partner yang senasib sepenanggungan dan seperjuangan. Emang partner gak selalu bisa bikin kita memiliki progress cepet, dan kadang malah ngribetin. Tapi seenggaknya, buat gue pribadi, ketika gue punya partner sementara gue masih ngerjain skripsi, maka beban mental gue agak berkurang. Seenggaknya ada yang diajak diskusi, ada yang diajak ngegalau, ada yang bisa dipake buat curhat. Haha intinya sih gitu ya. Cusss dah…

Home, 12 Mei 2014, 21:37

nih kan jadi rada-rada (stress)

nih kan jadi rada-rada (stress)

Leave a Reply

