Jangan Percaya Foto Facebook


nah foto-foto kayak gini tuh tricky banget

nah foto-foto kayak gini tuh tricky banget

Gue jelek gini tapi kalau di facebook banyak yang bilang cakep, ganteng, keren, dan ya sejenisnya gitu lah. Gak cewek gak cowok, ada aja yang bilang gitu. Sorry bukan narsistik, tapi emang kenyataan. Gue gak bermaksud sombong, sama sekali nggak, tapi gue cuman mau kasih warning, kalau gue gak secakep di foto. Please, percaya ama gue, jangan sampai gue memohon. Wih jangan-jangan foto yang sering diupload foto palsu? Foto orang lain? Oh sorry, gue gak butuh upload muka orang, ntar yang tenar orang lain.terus gue eksisnya kapan? Wah berarti sotoshop nih? *lempar bakiak. Please ya gue tegasin sekali lagi, gue anti banget ama yang namanya sotoshop, apa malah kamera 360 (yang menurut gue malah jadi aneh, yang cowok jadi kayak bences). Please efek-efek gak penting banget gak pernah gue pake, salah satu perubahan yang gue lakuin adalah kontras, itu pun make Microsoft Officer Picture Manager. Gue sempet sakit hati banget, gara-gara gue dibilang fake acount ama temen fb gue. Gak percaya kalau itu foto asli gue. Please deh, kalau orang kek gue aja dibilang gak pake foto asli, terus kalau tampang gue lebih cakep mau bijimane? :3

Gue gak bilang bahwa orang yang make suatu foto itu pasti gak bisa dipercaya bahwa itu asli dia. Tapi, seenggaknya, kita juga harus paham kondisi berjejaring sosial. Masalah foto-foto kek gitu ya, gue sebagai orang yang tukang foto-foto dan narsis abis, mau berbagi pengalaman. Gini orang yang kelihatan cakep di foto belum tentu aslinya cakep, karena apa? Foto itu sangat tergantung angle, lighting, kamera yang dipakai, dll. Jadi itu tuh pengaruh banget tahu, jadi jangan bangga kalau lu keliatan cakep dengan pencahayaan memadai, angle yang sesuai, dan kamera yang ajib sehingga lu tampak kinclong. Masalah angle, gini ya misal lu foto dari agak samping maka muka temben lu bakalan keliatan lebih tirus, atau kalau lu foto dari bawah itu bisa bikin lu keliatan lebih tinggi, atau ketika lu foto dengan memicingkan mata, maka kesan misterius lu tuh dapet. Nah masalah lighting bakalan lain lagi, misal lu terkena cahaya sehingga sebagian wajah lu terpapar cahaya smeentara yang lainnya gak, itu bikin lu keliatan keren, atau kalau cahaya datang menantang kamera maka efek shadow yang dihasilkan juga bakalan lebih ajib, atau kalau arah lensa kamera searah dengan datangnya cahaya, maka muka lu keliatan lebih bersinar dan blink blink. Terus masalah kamera, kalau kamu pake hape Tiongkok, secakep apapun kamu tentu keliatan bures, nah kalau kamu pake camdig dengan MP agak besar, maka ada dua kemungkinan  kamu tambah cakep atau kejelakan lu bakalan keliatan.

Selanjutnya yang akan dibahas adalah pemasangan foto dalam jejaring sosial. Please banget ini bukan jaman beahula yang kalau foto harus beli roll film, kemudian jepret sekali, dan mencoba bertindak seirit mungkin dalam mengambil gambar. Makanya, orang dulu baru akan foto kalau momentnya emang pantas buat difoto atau kalau udah ngerasa perfect banget buat difoto, baru foto. Gimana pun gue pernah ngerasain punya kamera yang masih pake roll, ntar hasilnya dicuci dulu baru jadi klise, kalau udah jadi klise, maka baru bisa dicetak jadi foto. Nah biaya untuk itu tuh mahal gila, ribet, lama pula. Lha kalau sekarang, di mana pun, kapan pun, dan dalam situasi apa pun orang bisa aja foto. Jadi ibaratnya, lu bisa boros ngejepret, itu juga kaga bakalan keluar biaya. Karena apa? Kalau kamu gak suka dengan hasil jepretan palingan juga bakalan dihapus. Gini ya misal kamu foto pake kamera digital, dalam satu kali foto, kamu melakukan sepuluh jepretan, maka kamu akan memilih satu yang terbaik yang akan kamu masukin ke jejaring sosial. Kecuali kalau kamu memang anak alay, sehingga keseuluh jepretan itu kamu masukin semuanya. Tapi bagi gue itu gak wajar, narsistiknya udah tingkat tinggi. Nah atas alasan di atas, wajar dong kalau kamu terlihat cantik atau ganteng, secara sembilan foto jelek bin aib kamu udah disisihkan.

So gue gak pernah bilang, atau kalau pun pernah jarang lah ya, gue ngomong eh kamu cakep atau eh kamu cantik. Pasti gue bakalan bilang, eh di foto ini cantik banget, atau iih keren di foto ini kamu kok ganteng banget, jadi gemes gue *langsung disodorin trantib. So, gue cuman muji mereka di foto itu, bukan berarti gue muji semua dari dia. Kan bener, kalau ternyata aspek angle, lighting dan kamera berperan, maka gak salah dong, kalau gue mujinya foto tertentu?

Pengambilan gambar juga bikin body kamu keliatan lebih oke lho. Misalnya nih gue, gue pernah foto topless, kemudian ada beberapa temen gue yang bilang “Det, ikutan LOTY dong (L-Men of The Year”. What the ohh what the yeah, ohh yeah oh yeah, gue ikutan LOTY? Are you kidding me? Gue itu kurus banget, gue yakin kalau ada tetangga melihara anjing, pasti tuh anjing tiap hari ngejar-ngejar gue mulu, karena disangka tulang jalan. Padahal sixpacks itu cuman efek, bisa aja karena yang foto kebetulan lagi ngotot banget nahan nafas, atau dia foto agak membungkuk sehingga garis perutnya keliatan, atau dia foto agak menyamping sehingga beberapa garis terlihat (gak peduli itu garis gelambir apa malah garis tulang). This is about trick, take a pitcure tuh tricky banget. Biceps lu bisa keliatan lebih gede, kalau kamu menarik ke belakang dan mengencangkannya.

Intinya sih gitu, jangan gampang percaya ama foto di facebook, twitter, atau jejaring sosial lain. Karena percayalah, hal terbaik akan kamu dapatkan, ketika lu mencoba menemui dan berinteraksi langsung dengan orang yang bersangkutan. Makanya gak heran kalau setelah ketemu ada aja celotehan kek gini, ih lu kok beda banget sih ama foto profil lu, di foto cakep banget aslinya ngek ngok, nyesel gue pernah bilang lu cakep. Nah lho, kan gue juga gak minta lu bilang gue cakep, misalnya. Tapi balik lagi, seberapa tulus lu berjejaring sosial, kalau lu berjejaring sosial cuman buat ngejaring yang kece-kece, siap-siap aja kecewa kalau ketemu. Kalau saran gue sih, yaudah sih cing, main aman aja J Honestly, gue gak cakep kok, tapi gue selalu berusaha untuk “aku cakep, cakep dari hatikuuuu” *ekspresi manyun kepala ditopang dua tangan ala Chibi :3

 

Home, 11 Mei 2015 23:42

Leave a Reply

