Saat Dhedhemit Sering Mangkal


haha mari kita tangkap rame-rame

haha mari kita tangkap rame-rame

Dua hari yang lalu, ketika gue lagi nyantai kayak di pantai, tiba-tiba emak gue bilang “Eh, Det, kampung thit katanya banyak orang kehilangan duitnya.” Katanya sambil menyebutkan nama sebuah kampung di sebelah barat kampung gue. Wah menarik nih, bakalan lari ke mistis. Please deh ya, meskipun gue anaknya rock and roll, tapi bacaan gue di kost itu majalah “Misteri”, “Tumbal Pesugihan Jawa”, haha keren kan? Jadi kalau masalah pesugihan-pesugihan gini, haish udah deh katam. Mulai dari pesugihan buaya putih, bulus putih, pesugihan tuyul, pangeran Samudra, Nyi Roro Kidul, anak bajang, halah ada banyak banget noh di buku-buku gue.

Cuzz dong gue langsung nyamber aja, secara topik-topik kek gini selalu bikin gue kepo. Gimana nggak bikin kepo coba, ini tuh menarik banget. Terus emak gue cerita, kalau modus operandi tuh dhedhemit adalah nyuri uang sedikit demi sedikit, di setiap rumah, paling die nyuri lima puluh ribu. Gue tahu banget nih modus-modus kek gini. Secara biar gak keliatan banget kalau duitnya ilang, kedua biar kalau yang punya gak banget-banget kaya mendadaknya so gak bikin curiga. Ketiga biar si tuyul aman terkendali, coba kalau dia nyuri duit di tiap rumah dalam jumlah besar, wah pasti warga antisipasi dong, kalau udah gitu yang repot tuyulnya, rentan banget buat ditangkep sih. Lagian tuh biasanya wilayah pencurian tuyul bersifat spiral, artinya di dalam wilayah bertetangga tuyul masih punya attitude dengan nyuri dikit-dikit. Kan gak mungkin untuk selamanya tuyul  bakalan nyuri di tempat tetangga, bisa tambah curiga aja tuh tetangga, dia akan memperluas daerah operasi ke kampung-kampung sebelah, makin jauh dari rumah si pemilik, maka curian nya pun makin besar. Kalau udah jauh banget bisa-bisa bukan cuman nyuri tapi udah rampokkk. wkwkwk

Oh iye, soal duit ilang nih gue yakin kalau itu dhedhemit pasti tuyul. Karena kalau pesugihan lain, itu agak susah, apalagi babi ngepet, ngek babi ngepet itu sekali nyuri langsungan, gak bisa milih cuman lima puluh ribu doang. Lagian kalau babi ngepet rentan banget gila, misal apes ketangkep warga terus digebukin, bisa mampus tuh yang ngejaga lilin. Biasanya kalau pesugihan yang dijadikan mediator (atau dhedhemit medianya ini) ketahuan warga dan dimusnahin, maka yang punya pesugihan tuh kekayaannya juga bakalan langsung musnah. Contohnya aja nih, tiba-tiba rumahnya kebakaran, jadi ludes gak bersisa sama sekali.

Kalau kita lihat sekarang ini ya, kenapa sih orang musti nyari tuyul. Gue kadang heran deh, apa sedemikian pentingnya materi buat mereka, sehingga harus lewat jalan-jalan sesat dan menyesatkan kek gitu? Beuh… padahal ngerawat tuyul itu susah lho ya. Ada satu daerah di Klaten, di mana di sana ada sebuah pohon yang sangat besar (gue lupa nama pohonnya), yang jelas di situ emang dijadiin tempat untuk mengadopsi anak tuyul. Haduuh asik banget nih ngomongin tuyul. Coba gue kalau di Jogja, ada referensi di sana, pasti udah gue ulas. Tapi, berhubung gua lagi di rumah, yasud deh ya sekilas aja. Intinya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, biar tuyulnya gak ngambekan, salah satunya menyiapkan tempat khusus untuk naruh sesaji dan menyusui si bayi tuyul (so kalau suami yang nyari dia harus dapat persetujuan istri dong, karena mau gak mau istrinya yang bakalan nyusuin tuh bocah). Eh elu-elu pada, yang cewek, bisa bayangin gak sih, gimana rasanya dikenyot tuyul :3 belum lagi, kalau tuyul minta ini itu. Tapi belakangan sebagaimana yang gue baca di majalah Misteri, udah ada tuyul instan yang gak pake harus nyusuin dan ribet-ribet. Gantinya mereka harus bayar mahar (kalau dalam dunia paranormal jual beli itu bukan uang namanya tapi mahar). Dan biasanya tuyul itu gak pake acara numbalin manusia, jadi buat pemilik resikonya emang lebih save sih ya dibandingkan cari pesugihan yang lain. Tapi ya tetep aja ya, namanya cara-cara kek gitu, pasti ada resikonya, sekecil apapun, dan yang udah pasti banget, yaitu resiko keimanan.

Gue sih belum pernah lihat secara langsung yang namanya tuyul itu seperti apa, cuman yang pasti gue udah pernah dapat beberapa cerita soal tuyul ini. Kan di berbagai pemberitaan ada juga tuh tuyul yang ketangkep kemudian dimasukkin ke dalam botol. Biasanya kalau udah ketangkep mereka bakalan diiket pake rajah atau semacamnya. Kan kalau gak diiket, cuman dimasukin botol namanya dhedhemit ya bisa keluar lagi lah ya. Kalau pengalaman yang real adalah dulu jaman gue masih kecil, tante gue punya warung gitu deh, nah ada yang lihat kalau ternyata tuh tuyul lagi lari-larian cekakak cekikik di depan warung, habis itu tuh tuyul mangkal ungkang-ungkang di meja yang biasa buat jualan (kalau malam meskipun warung udah tutup, mejanya kan tetep ditaruh di luar) posisi waktu itu udah jam satu malaman lah ya, secara jaman dulu kampung gue masih sepinya amit-amit. Sekarang aja kalau abis Magrib udah berasa krik-krik banget :3

Kabarnya tuyul tuh suka banget mainan ikan, selain itu dia suka narsis dengan cara ngaca. Makanya, kalau dikasih jebakan, orang bakalan nyiapin sapu lidi yang ditaruh menghadap atas, kasih bawang putih, bawang merah, cabe ditancep-tancepin. Setelah itu, mereka juga make kacang ijo ditaruh di deket kaca, ada ikan juga, biasanya si tuyul bakalan lupa dengan misi utama dia buat nyuri uang. Yang ada, dia justru akan main-main dengan semua itu, haha…  maklum ya anak-anak jadi masih suka main-main. Kalau udah kaya gitu mah jadi gampang buat hap lalu ditangkap (cicak kali ah) -_-

Tapi bagi gue tetep aja, orang yang melihara tuyul atau mbak yul atau apalah itu macem-macem pesugihan, tetep absurd. Please deh, kalau kita mau usaha maksi, juga pasti bakalan sukses kok. Gue sih gak mau nyalahin lah ya, kan pola pikir ama mindset orang beda-beda. Cuman gue tetep aja gak nyaman dengan tuyul, bukan karena gue takut uang gue bakalan dicuri, tapi gue gak mau ada saingan. Please deh ya, di dunia ini gue mau cuman ada satu tuyul, yaitu gue. Tuyul cinta. Haha lu mau mangkal bareng gue? Berani lu? *jambak wig nya tuyul. Macem-macem aja di daerah kekuasaan gue :3

Home, 11 Mei 2014, 11:04

Leave a Reply

