“Rujak Es Krimnya, Bu” #Tabok Adet


Ini cerita gue sekitaran dua hari yang lalu. Intinya waktu itu gue dalam keadaan panas, seperti masuk oven. Maklum lah ya,cuaca dan suhu Jogja beberapa hari terakhir ini memang agak-agak gak jelas. Se gak jelas progress skripsiku (tetep yah skripsi gak mau dilupain -_- ). Alhasil gue udah berencana buat ke Taman Kuliner Karangmalang (tempat andalan kalau lagi kepepet konsumsi -_- ). Oke deh, beranjak juga gue dari kamar. Sip rujak es krim sudah terbayang-bayang menggiurkan. Ini lidah sepanjang jalan juga sudah melet-melet (maklum, waktu di kost kehabisan air minum).

Eng ing eng sampai di Tamkul, pikiran tiba-tiba berubah. Ah rujak es krim mulu, gak sehat ah, pindah aja nyari sop buah, lebih seger dan banyak vitamin. Dengan gaya pede selangit, gue catwalk sepanjang jalan ditemanin ama lagunya Alicia Keys yang Girls on Fire. Haha kalau gue mah Man on Fire. Udah gagah banget, berasa pake tuksedo dan di runway, eh sampai tempat yang jualan gue langsung nyemlong “Bu, beli rujak es krimnya ya”

Ibu-ibu itu hening sejenak, lalu katanya “Apa mas? Sup buah atau apa?” sambil nahan seyum geje. Gue gantian yang hening cukup lama, maklum gue pake headset. Ibunya natap gue setengah mengintimidasi, sementara tu mbak-mbaknya yang juga kebetulan duduk di situ, mah ketawa cekikikan. Gile aje, sumpah gue langsung blank, gak tahu kondisi, gak ngerti ibunya ngomong lagi. Bener-bener gak konsen.

“Gimana mas, sup buah?” dia nanya lagi, gue gelagapan, baru nyadar langsung bilang “Eh iya, Bu, satu ya” gue mikir keras. Yakin deh itu ibu-ibu pasti dalam hati bilang “Ckckck nih bocah ganteng-ganteng tapi oon.”

Ya gimana nggak coba, gue minta rujak es krim ke penjual es campur ama sup buah. Ya mana ada rujak es krim, orang gue udah mengubah keinginan tadi -_- Sumpah itu tuh malu-maluin banget, mana sempet pada liatin gue lagi. Please yah, seenggaknya ada beberapa pelajaran yang bisa gue ambil dalam peristiwa apes ini.

Pertama, hidup itu emang sulit, ketika kita udah tertuju pada satu hal, maka kita udah gak peduli lagi ama hal lain. Sama, misal kita suka ama seorang cewek, terus kamu udah punya pacar, bisa-bisa kamu keceplosan nyebut cewek yang kamu taksir di depan pacar kamu. Maksudnya? Bingung! Intinya sih, kalau emang udah diniatin move on, ya move on lah dengan segenap hati. Kaya gue kalau udah mantep pindah ke sup buah, gak usah pikirin rujak es krim. Kalau masih ngeyel, Fix! Lu bakalan malu.

Kedua, kalau lu ngadepin orang yang lagi blank, jangan ditanya-tanya. Karena, akan ada dua kemungkinan, pertama, dia akan hening cukup lama menanggung malu, kedua dia bakalan ngomong ngawur. Untung gue gak bilang “Oh iya, Bu, beli Ibu” Itu kan parah banget, gue bisa-bisa disiram pake sirup gula dan digaplok ama es batu.

Ketiga, kalau emang lu ganteng, please deh jelekin dulu mukanya. Jadi kalau tingkah lu malu-maluin, orang akan maklum. Paling dia akan bilang “Pantes lah oon, jelek gitu”, yang gak enak itu kalau dibilang kaya di atas tadi “Ih ganteng-ganteng kok Oon ya?”

Keempat, kalau emang lu ngerasa emang malu-maluinnya udah keterlaluan, yaudah deh lu pake topeng apa dibungkus aja kepala lu pake kresek. Dijamin segeblek apa tingkah lu, orang juga palingan cuman ribut “Eh itu manusia bertopeng geblek banget ya!” atau “Eh itu manusia kresek, kenapa gak operasi plastik aja pake ember plastik, biar gak ribet” Fine, seenggaknya, mereka gak ngenalin wujud asli lu.

Hahaha, udah ah, gue mau lanjut nulis cerita lain.

Kost, 5 April 2014 17:21

gak mau noleh ah malu :D

gak mau noleh ah malu😀

Leave a Reply

