Rindu


broken_wings_by_twixel-d65avv6
Rindu hanyalah batasan untuk seberapa besar kita ingin mengingat segala kenangan manis. Ada berbagai rindu tentang batu, tentang udara, atau bahkan hanya soal debu. Mungkin ada pantai, ada julangan gunung-gunung, ada lembah dan ngarai, namun kita tak merindukannya. Aku bilang itu hanya pesona sesaat, atau semacam kekaguman semu dan asing. Begitu juga aku memaknai kalian. Orang-orang dengan rupa dan wajah yang bisa kukenali namun terkadang tak bisa kuselami. Aku rindu dengan mereka-mereka yang datang dan rupawan. Namun itu hanya sebatas rindu untuk menatap matanya, atau menatap geriknya. Sesudah itu kita memilih diam-diam sembunyi dengan pikiran masing-masing saling apatis. Aku rindu dengan mereka yang datang dan menyelami. Mereka yang hadir dengan tawa yang mereka bawa. Aku rindu dengan segala renyah suara mereka yang memecah keheningan, rindu peluk mereka yang tulus dan kadang terabaikan. Rindu dengan tatap hening mereka yang tajam dan menghujam. Aku rindu, dan sesudah itu jatuh pada cintanya.
Tuhan menciptakan hidup serupa sandiwara. Tuhan mencipakan rindu serupa bola bekel. Dari keduanya aku belajar untuk merindukan sosok yang tepat. Dari keduanya aku belajar untuk menjenuhkan diri pada rindu-rindu yang terarah. Aku rindu, dengan di baliknya ada segumpal perasaan ingin memiliki. Itu sudah. Rindu hanyalah batasan untuk seberapa besar kita ingin mengingat kenangan-kenangan manis, kemudian melupa luka, kemudian amnesia dengan pengkhianatan, lantas kita mulai rindu lagi. Rindu pada sesuatu tanpa sosok, hanya bayangan, hanya mereka-mereka yang kita rangkai dalam buket pikiran. Kita tak pernah bisa untuk membaui aromanya bukan, atau memetik satu per satu kelopak dari mereka yang mekar? Terserah, aku memang suka sibuk dengan rindu, rindu yang tanpa arah.. ini rindu, aku rasa rindu kosong..
Mandala, 8 Maret 2014 9:13

Leave a Reply

