Ini Tentang Kau, A


Fish_Man___sketch_by_StefanoMoroni
Ini tentang kau A, seorang yang jauhnya mungkin setengah seribu kilo dari tempat aku kini terduduk saja. Di kamar yang kau pernah bersemayam, di kamar yang pernah kau serakkan baju-bajumu. Ingatan menjadi candu dan segelas brendi dengan kualitas terbaik. Mereka memabukkan kita dengan harapan-harapan, yang kau bilang hanya mampu kau sudahi. Namun, kau jejakkan kaki jua di sekotak seluas dua setengah kali tiga.
Dulu aku tak percaya, bahwa takdir ada untuk mempersatukan. Sekarang pun aku demikian, kalau kau paham apa maksudku. Ini tentang kau A, seseorang yang berdiam di ujung timur sana, mungkin. Kau bilang aku terlalu lemah berkeyakinan, kau bilang aku juga terlalu naif mempercayai apa yang kukultuskan. Kau salah, mungkin aku terlalu lemah untuk mengimani, namun aku tahu kepada siapa aku harus beriman. Ini tentang kau A. Sekali lagi, waktu adalah jarak yang merentang di antara dua anak manusia. Sedang kita masih juga selalu asyik mendebat domba-domba, para teroris, dan juga Sang Hyang Widhi. Aku tak akan pernah mengolok, sebab itu keyakinan kita masing-masing.
Ini tentang kau A, seorang yang secara iseng kutuliskan kisahnya sore ini. Kau yang pernah mencumbu, apa yang orang lain cumbu juga, kau yang menyisakan foto di album melengkapi frame-frame kosong ini. Begitu cepat waktu berlalu bukan? Aku tak terlampau ingat, bagaimana burung itu bisa lepas dari sangkar yang kau bilang dulu memenjarakan. Penjara yang kau sebut kenangan. Aku tertawa mencibir..
Kau yang di ujung timur sana, kembalilah pada duniamu, dan duniakanlah kenangan sekembalinya kamu. Aku di sini, hendak hanya akan jadi penonton, kalau kau tahu… aku sudah terlampau jengah dengan kisah-kisah yang tak lebih dari satu minggu selalu kuocehkan kepada kamu sebelum tidur. Sebelum kita saling, sebelum saling menjadi kita.. Ah aku masih juga kocar kacir melawan kenangan A

Karangmalang, 12 Maret 2014 15:39

Leave a Reply

