Semakin Tua Semakin Egois


orang tua salah gaul ya kek gini -_-

orang tua salah gaul ya kek gini -_-

Gue kadang heran, kenapa banyak sekali seseorang yang kemudian terlibat banyak konflik dengan orang tuanya. Tapi sekarang gue ngerasa gak heran lagi, karena pada kenyataannya gue udah banyak nemuin realitas itu sebagai jawaban;. Gue kadang nggak ngerti deh gimana pola pikir orang tua tuh (terutama orang tua jaman dulu, gak tahu kalau orang tua jaman sekarang, karena mereka belum juga menua).

Amatin deh beberapa orang tua di sekitar kalian. Hampir orang tua yang gue temuin, mayoritas dari mereka menderita penyakit yang sama, ngerasa dirinya paling benar (meskipun banyak di antara kita yang muda-muda mengalami hal ini juga). Namun mereka yang pasti mengalaminya dengan sangat akut dan kritis, kadang disertai dengan sikap ngeyel meskipun itu salah. Ada banyak hal yang bikin gue nggak nyaman berada di dekat mereka, kadang saing akutnya sikap semacam itu, mereka malah balik menyalahkan.

Entahlah mungkin memang itu yang melekat pada sosok orang yang mulai menua. Pola pikir mereka kadang tidak bisa diterima dengan nalar dan akal pikiran. Sulitnya, kita gak bisa marah dalam kondisi semacam ini. Ada semacam permakluman yang sakit “Ya iyalah udah tua maklumin aja”. Alhasil kadang kita mending mati berdiri daripada terus-terusan kaya gini.

Kadang nih meskipun badan mereka sudah uzur, buat jalan aja susah, tapi mereka seolah bisa ngerjain segala sesuatunya sendiri, gak mau diatur-atur, ngerasa kalau mereka masih cukup memiliki banyak kekuasaan untuk mengatasi segalanya. Kadang, meskipun buat ngomong aja susah, mereka selalu menyempatkan diri untuk cermah berlama-lama, dan dengan entengnya menganggap omongan orang lain adalah omong kosong. Kadang, meskipun mata mereka sudah tak lagi awas, tapi dengan lisan mereka, mereka seolah mandor yang tahu bahkan nyaris setiap detailnya. Kadang, di masa dimana seharusnya mereka lebih menjaga sikap dan berlaku menyenangkan supaya orang-orang respek dan lebih perhatian, mereka justru lebih banyak menghabiskan waktu dengan mengomel, memarahi orang-orang di sekitarnya, dan mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang tak mengenakkan.

Ah yang bener det? Coba deh observasi sendiri, mungkin ini pendapat prematur, mungkin orang-orang tua di sana jauh lebih bijak dalam memandang masa tuanya. Wkwkwk just nonsense.

 

Mendung, 21 Janu 2014 2:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s