Emosi Sepeda


Sekitar dua hari yang lalu, tepatnya hari Jumat, gue ngerasa gondok banget ama adek gue. Semua itu berawal dari sepeda. Dan semua itu berawal ketika gue ama dia mau berangkat Jumatan. Ckckckc mau berangkat Jumatan aja musti gue marah-marah dulu. FYI, sekaliun arah rumah kita sama, sekalipun masjid yang mau dipake buat Jumatan gue ama die itu sama, gue jarang banget mau boncengan ama dia, “Lu pake sepeda lu sendiri” sering banget gue tereak-tereak kek gitu. Bukan gimana-gimana, bukan karena hubungan gue ama dia buruk, tetapi lebih karena gue tukang ngelayap sehabis Jumatan.

nah ini sepeda kesayangan sejak jaman SMA

nah ini sepeda kesayangan sejak jaman SMA

Oke cerita berlanjut, gue itu naiknya sepeda onthel. Dan sepeda warna biru itu adalah sepeda yang udah nemenin masa-masa SMA gue, begitu gue naikin itu dudukannya naik turun kaga karuan, belum lagi rantai yang menggesek-gesek ke wadahnya sehingga bersepeda menjadi sangat emosional. Coba bayangin, sepeda gue yang dulu kalau rusak dikit aja udah langsung gue bawa ke klinik gawat darurat bengkel, eh ini setelah dipake adek gue (kalau gue di Jogja, dia make tuh sepeda buat sekolah) lebih mirip barang rongsok. Marah-marah dong gue.

Lagian gue tuh heran tingkat dewa, emang dia pas makek tuh gak kerasa risih apa. Eh dia di jalan gue omelin malah diem aja, cengar-cengir, lu tahu gak saat itu gue pengen ngapain? Pengen ngegebukin adek gue pake sebatang kayu kasti sampe klenger. Lagian ye, kalau pun dia mau reparasi terus minta duit ke gue juga bakalan gue kasih kok (berasa jadi abang kaya). Eh ini udah disuruh beberapa kali juga kaga berangkat merbaikin, modus banget biar dibeliin sepeda baru, beli aja sono sendiri. gini ya guys bukannya gimana-mana kaga usah semena-mena deh ama barang-barang kita, kalau ama orang mah bodo. Pengen ngerti bedanya, barang kita itu mau kita perlakukan kek kaya gimana juga dia gak bakalan mendesah, menangis meraung-raung, menjerit-jerit kek kucing terjeit atau ngerasa terdzalimi. Mereka itu udah berbaik hati diam (dan kadang mereka itu ikut kita dalam berjuang, supaya kita bisa sukses). Nah kalau manusia, coba deh tampong sekali, pasti balesnya bisa tambah beringas kaya setan, atau kalau gak berani bales, dia pasti mewek. Udah gitu aja…

15 Desember 2013 11:46 am

Leave a Reply

