Jati Diri


Masih terus mencari jati diri, bukan berarti belum menemu secuil pun jadi diri. Kita tak akan pernah bisa menjumpainya, selama kita masih berada di tempat yang tidak netral. Entahlah yang sedemikian rumit itu belum tentu akan bisa disingkirkan walau dengan segala hal yang keras.
~`O`~

Bagian dari menunjukkan jati diri?? LoL

Bagian dari menunjukkan jati diri?? LoL

Kita seringkali begitu mudah untuk melihat seseorang. Mereka seperti ini, mereka kurang seperti ini, atau mereka sangat menarik, atau wow kok bisa ya mereka seperti ini. Lantas, kita juga sering bertanya, kenapa saya seperti ini? Hmm.. sebenarnya pertanyaan yang benar adalah, siapakah diri saya?
Orang yang tua –baca: memiliki umur banyak- belum tentu mampu mengenali dirinya sendiri, bahkan ada banyak orang yang mengaku dewasa, tidak tahu apa yang dia mau. Sadar atau tidak, kita seringkali meremehkan diri sendiri dan mulai membandingkan dengan orang lain. Kalau saja diri bisa berbicara, maka jujur itu sangat menyakitkan baginya. Memang tak ada yang slaah dengan membandingkan, namun kadang kita menjadi terlalu obsesi menjadi seperti orang yang kita bandingkan, maka tak heran seringkali akan muncul istilah wanna be.
Siapakah diri kita sebenarnya? Tak ada yang bisa menjawab itu kecuali kita bertanya pada diri sendiri. Mungkin akan butuh banyak sekali perenungan, untuk sampai pada titik, di mana kita menyadari apa keinginan ita, apa tujuan kita, apa target-target kita, apa yang menjadi idealism kita, apa yang membuat kita hidup, untuk apa kita hidup, bagaimana kita menjalani hidup dengan nyaman, jalan mana yang akan kita pilih. Semua itu tidak mudah.
Apakah orang yang mencari jati diri selalu buruk? Setidaknya dia mencoba memhami dirinya sendiri minimal. Lantas apa yang slaah dengan itu? Apakah kita akan bagus ketika kita berpura-pura mengenali diri kita sendiri? Hmmm.. sangat menyedihkan. Mencari jati diri sama dengan belajar. Apakah orang yang masih terus belajar itu berarti dia tidak pernah belajar selama ini? Diri manusia adalah lahan yang begitu luas untuk dapat direnungi. Sambil mencari jati diri yang lain, dia pasti sudah mengenal minimal sedikit dari apa yang ada pada dirinya.
Tapi sayangnya memahami jati diri tak semudah itu. Kita akan selalu tak bisa melakukan perenungan sementara pengaruh yang ada di sekitar kita menjadi hal besar. kita akan mengambil sedikit contoh, apakah kita bisa mengenali diri kita ketika kita sudah dibutakan oleh orang yang kita cintai? Jangan terlalu sulit berbicara maslaah cinta, sebab cinta sedemikian absurd. Kita seringkali merutuk, pada diri sendiri tentunya, mengapa tak bisa sesempurna orang lain? Mengapa tak memiliki kemampuan yang sama dengan orang yang lain, dia jago ini dan itu? Cuih seolah kita adalah orang paling malang di dunia, padahal sebenarnya kita punya potensi, Tuhan menciptakan kita dengan sangat layak. Dan kita masih saja merengek-rengek ingin menjadi orang lain, seperti seorang anak kecil yang menangis tak dibelikan mainan remeh temeh.
Kadang kita bisa berlagak di dalam hati mengatakan, wah saya pasti bisa menaklukan semua ini. Saya pasti bisa mencari jati diri. Mungkin saja bisa mungkin saja sanggup kalau hanya menemukan. Namun hal tersulit dalam hidup adalah implementasi. Kita tahu bahwa kita menginginkan sesuatu, kita mampu mendapatkan sesuatu. Namun kita tak boleh lupa, kadang kita harus memertimbangkan resiko, mempertimbangkan orang-orang yang ada di sekitar kita, mempertimbangkan suara-suara. Sebab hidup, kadang bukan bagaimana kita menjadi diri sendiri, menentukan jati diri, namun sebaliknya, kadang hidup adalah menutupi jati diri, untuk dapat diterima, untuk dapat diperhitungkan, atau sekedar untuk dilirik.

Kost, 10 11 13 11 46 gelap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s