Dilema Menolong


Pernah gak sih kalian punya niatan secara tulus nolong orang, tapi karena beberapa hal ujung-ujungnya males? Gue merupakan orang yang gak milih-milih ketika mau nolong orang. Gue bakalan nolong orang kalau aja gue bisa dan gue mampu. Tapi banyak hal bikin gue mikir dua kali kalau mau nolong orang.

???????????????????????????????Lu pernah gak dengan mudahnya ngasih bantuan ke orang lain, entah materi ataupun non materi? Tapi ujung-ujungnya kalian nyesek sendiri, gegara orang yang kita tolong seolah gak ngertiin kalau ditolong. Well, kita kadang emang tulus banget batu orang, apalagi ama orang yang deket ama kita. Tapi bukan berarti kita seratus persen nolong itu cuma-cuma. Contoh kecil aja nih, yang sering gue alamin, gue sering banget dengan mudahnya MINJEMIN duit ke temen gue. Ya apa sih yang nggak buat temen. Namanya juga ama temen sendiri kan ya, kalau kita punya kenapa nggak? Well waktu berjalan terus, ujung-ujungnya kita sendiri sampai lupa kita pernah minjemin apa nggak. Sialnya, temen kita itu sama sekali gak punya itikad baik buat ngebalikin duit. Ya buat gue sih yang namanya minjemin, kan ya tetep bakalan balik. Niat tulus gue adalah minjemin ke orang yang kepepet. Tulis bukan berarti terus kalau gak dibalikin kita ikhlasin gitu aja. Nah yang bikin engeb itu kalau dia udah gak balikin, gaya hidup dia lebih glamour dan borju dari kita. Kadang gue pengen teriak, woooeeyy gue dapet ntu duit juga dari ortu gue, gue ngutang, gue bela-belain hidup gue cupet, eh lu malah kaya orang kaga punya dosa gitu. Nah lho… itu cuman contoh kecil aja dalam hidup. Sekali lagi srry to say, kadang kita bukannya gak tulus, tapi sebagai orang yang udah dibantu harusnya sadar diri juga.

Banyak hal-hal yang bikin kita males bantu orang karena pengalaman terdahulu. Ada beberapa temen yang kadang dibantu tapi gak tahu dibantu, ada beberapa temen yang kadang istilah jawanya dikei ati ngrogoh rempelo, dikasih jantung minta hati. Itu orang kan kurang ajar banget. Belum lagi ada juga temen yang udah kita bantu tulus banget, eh di belakang jelek-jelekin kita, di belakang nusuk kita. Yang kayak gini yang bikin males nolong. Sekali lagi bukannya kita gak tulus ikhlas nolong orang.

Makanya kadang kita hidup kalau dimintain nolong, sesekali butuh berkelit juga. Daripada ujung-ujungnya ngrepotin diri sendiri. Kalau soal materi tadi, bilang aja juga lagi gak ada duit (emang kenyataannya gitu), daripada kita yang sederhana ini, yang kebutuhannya juga banyak ini, tiba-tiba ada keperluan mendesak, gak ada yang maintain tolong. Ini juga nih yang kadang bikin nyesek, kita itu biasanya udah dengan gampang banget ngebantu orang, udah baik banget, tapi giliran minta bantuan ke orang susahnya minta ampun. Atau, kalau non materiil misalnya, ngapain kita bantu orang, kalau ujung-ujungnya makan ati. Daripada ujung-ujungnya bikin stress?

Sebagai closing statement dari tulisan ini, well, kita hidup itu memang diharuskan tolong menolong. Yang nolong harus ikhlas, yang ditolong juga seharusnya memiliki pengertian dan sadar diri. Gue pikir, orang yang tadinya niat baik kalau gak daet tanggepan yang baik juga bakalan males.

 

Pituruh, 6:39 pm 15 Okt 2013

Leave a Reply

