Labilisasi Jati Diri


Ini malam menjadi sedemikian jahanam, ketika sebuha pesan singkat masuk dari seorang teman KKN PPL “Ternyata di bab 2 setiap proker harus ada persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Lantas gimana?”

Bahasa yang sangat sederhana, langsung ke pokok permasalahan, namun langsung juga menusuk. Bagaimana tidak, kami sudah beberapa kali melembur laporan, beberapa kali melakukan revisi, tanpa mendapatkan panduan dan pedoman penulisan laporan dari pihak terkait. Entah dari mana datangnya, tiba-tiba ada yang menyalahkan format laporan kami.

mengajar drama itu susah lho, apalagi anaknya bandel -_-

mengajar drama itu susah lho, apalagi anaknya bandel -_-

Lembaga ini memang tak pernah beres, sejak awal penyelenggaraan KKN PPL. Bagaimana tidak? Kebijakan KKN PPL pada awal peluncurannya menuai berbagai kontroversi lantaran dianggap tidak realistis. Belum lagi, ada banyak kendala di lapangan terkait dnegan pelaksanaan. Seolah tanpa menyadari hal tersebut, lembaga yang berwenang menerapkan tuntutan yang berbagai rasa dan berbagai macam. Kami diharuskan melaksanakan KKN PPL demikian, kami harus melaporkan seperti ini, lantas ada format seperti itu. Harus begini harus begitu.

Aku tak tahu, mungkin ini tipikal orang Indonesia. Yang selalu menginginkan lebih tanpa memberikan andil yang lebih. Seharusnya lembaga yang saya sensor ini sadar diri untuk tidak menuntut banyak hal, lantaran intern lembaga mereka saja masih kocar-kacir, kalau Vicky bilang mungkin mereka sedang mengalami labilisasi jati diri. Tapi paling tidak, mereka seharusnya menyeimbangkan, bagaimana menerapkan kebijakan yang lebih ramah dan bersahabat, bukan malah menimbulkan antipasti baru di kalangan mahasiswa.

Saya selalu benci dengan mental birokrat semacam ini, ah… bisa jadi karena saya sudah sedemikian muaknya dengan berbagai tugas yang dibebankan. Bisa jadi. Selamat malam, saya akan membincang hal lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s