Kenangan


Aku bilang kenangan itu, betapa dia kejam. Mengaduk-aduk perasaan setiap kali mengingatnya. Aku pernah berpikir, bahwa sekarang ini betapa mudah untuk aku mencari bahkan memilih orang yang benar-benar stuning, sebagai pendamping hari-hari. Tapi, hati selalu punya pilihannya sendri, hati berhak untuk tidak beranjak, dan hati akan mengatakan “omong kosong dengan segala bentuk ke stuningan itu”

Ya. Kita mungkin akan menemukan orang yang lebih baik bahkan jauh lebih baik, sebagai ajang balas dendam. Namun hati adalah makhluk paling jujur atas kesetiaan. Da mau saja untuk terus bertahan, sejelek apapun sebuah masa lalu. Kadang aku berpikir butuh waktu. Namun waktu yang mana lagi? Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk dapat melupakan. Terlalu banyak kesempatan yang digunakan untuk sekedar membuat dia atau itu hilang plan-pelan, membentuk sebuah bayangan, samar-samar, semakin tipis, dan tidak dapat kutemui lagi.

Orang bilang, bahwa penyesalan selalu ada di belakang. Sekarang aku menyadari, bahkan mengamininya dengan cukup ikhlas. Bukan karena aku menjadi bagian daripadanya, bukan itu, melainkan karena memang seharusnya aku akan terus mempercayai bahwa penyesalan itu tak akan pernah menjadi kepala, dia hanya akan terusdan selalu menjadi ekor abadi.

Kalau saja aku mampu menjadi manusia yang lebih dewasa, kalau saja aku tida terlalu frontal mengakhiri semua ini, kalau saja aku masih punya banyak kesempatan untuk berbagi, kalau saja.. kalau saja… Ah otak ini selalu mampu mencari keinginannya sendiri, semua mendapatkan legalisasi dari sebuah konjungsi “kalau saja….”

Bagiku, hidup kadang terlalu menyedihkan. Tak mampu beranjak, tak mampu berjalan, bahkan tak mampu berpaling. Kita berada pada situasi dimana kaki dan tangan kita terpaku. Kepala kita dipegangi dengan paksa, dan badan kita diikat erat untuk mempertahankan posisi kita yang sedemikian. Kita yang jatuh, kita yang rapuh, dan kita yang tak mampu beranjak.

Leave a Reply

