Belajar dari Si Kecil


Sebenarnya ketika menuliskan hal ini, aku sedang mengenang masa yang tidak terlalu lalu. Ya tepatnya mungkin dua minggu yang lalu (itupun tak tepat segitu). Ceritanya, dalam salah satu program KKN di masyarakat, kami ada satu program yaitu pelatihan drama bagi anak SD. Jadi kami harus mengajar anak-anak kelas 4 SD bermain drama. Kami melakukan hal ini di SD N 2 Pangenrejo. Mereka cenderung penurut dan mudah untuk dikendalikan. Inilah yang menyebabkan aku masih terus semangat mengajar mereka.

Hari itu, kalau aku tidak salah tulis, yaitu tanggal 24 Juli 2013, hujan sudah mengguyur dari siang hari, sedang pelatihan drama akan berlangsung pukul setengah 4 sore. Dalam hati, aku sudah berpikir, bahwa anak-anak pasti tak akan berangkat karena hujan. Sedang kami di kost masih tepar, mengantuk sangat. Rasa malas tiba-tiba menyerang. Aku khawatir juga kalau nantinya aku tak datang, ternyata anak-anak datang. Sedang aku juga tak mungkin berangkat sendiri tanpa teman, karena aku tak punya motor. Ingin membangunkan teman, juga sebenarnya aku galau mampus, ah merasa tak enak. Mereka sedang nyenyak-nyenyaknya. Namun, saat itu juga aku sudah memantapkan niat. Kubangunkan Om Panda (sebutan untuk salah seorang temanku, yang jadi salah satu teman terbaikku juga di kost). Untunglah dia satu visi denganku, dia mengatakan segera saja kita berangkat, karena kalau ada anak yang berangkat kasihan juga mereka sudah menunggu. Singkat cerita kami berangkat juga.

Tak disangka tak dinyana, Fito, si Adek Panda menyambut kami. Suasana riuh sudah terdengar dari dalam kelas. Aku melongok, sembari melepas mantel. Jumlah siswa yang datang lebih banyak dari pertemuan sebelumnya, bahkan Fito pun berceletuk karena aku datang terlambat, maka jam latihan diperlama. Hahaha… aku melihat passion di antara mata mereka. Entahlah, yang ku tahu, aku telah salah menilai. Kadang semangat kita kalah jauh dengan bocah-bocah yang belum mengenal makna dosa. #Tertampar

Cold Morning, 5:40 AM 7 Agust 2013

Leave a Reply

