Kesabaran adalah Raja dari Usaha


Kalau orang mengatakan bahwa hal terpenting dari sebuah usaha adalah tindakan. Maka, sekarang akan kuberikan Anda sekalian sebuah pertanyaan, apakah tindakan itu bukan dari usaha? Jadi hal-hal di luar usaha yang sangat mempengaruhi usaha saya pikir adalah kesabaran. Saya akan mencoba bercerita sedikit, kenapa saya kemudian menuliskan hal ini.

Beberapa hari yang lalu, ketika posisi saya masih di Jogja, saya memiliki keinginan untuk menjajal satu usaha yang memang beresiko, namun menggiurkan juga. Yeps, dengan berbagai pertimbangan, maka saya memilih bisnis online. Dengan biaya registrasi sekitar 150 dan biaya pembelian domain serta berbagai aplikasi senilai 200 ribu, maka total adalah 350 ribu rupiah. Bagi orang dengan keuangan yang cukup sulit semacam saya, boleh jadi ini adalah salah satu langkah yang berani.

Waktu itu, dipikiran saya adalah, kalaupun pada akhirnya nanti saya tidak bisa mendapatkan sesuatu dari ini, yangpenting saya mendapatkan pelajaran, saya bisa tahu seperti apa itu bisnis online, seperti apa domain, dan seperti apa lingkaran bisnis ini berjalan. Well akhirnya saya membeli sebuah domain, dengan nama pedeaja.com

Ternyata melaksanakan bisnis online ini tidak semudah yang saya bayangan, bagi saya kesulitan yang ada justru terkait dengan konfigurasi yang ada di computer dan internet, atau si penjual domain. Astaga langkah-langkah saya rasakan sudah benar, namun begitu akan uji coba, ternyata domain yang saya buat tidak dapat ditemukan. Alhasil, saya menghubungi pengurus domain yang bersangkutan, saya harus mengulang langkah dari awal, karena ada kemungkinan beberapa langkah tidak saya lakukan dengan benar. Wll malam itu saya belum berhasil melakukan uji coba perdana, namun saya yakin, next time, besok kalau sudah di Jogja saya akan mencobanya lagi.

Di sini saya belajar, bahwa semenggiurkannya sebuah bisnis dan hasil yang dijanjikan, tetap harus ada proses, tetap harus ada usaha yang lebih untuk memberikn hasil yang lebih pula. Di sinilah kesabaran menjadi kunci. Kalau tidak sabar, mungkin saya sudah akan stress dan tekanan batin, mencaci maki pengelola yang dituding melakukan penipuan, dan berbagai hal lain yang intinya adalah sikap pesimistis dan anarkis. Kalau ditanya, kenapa saya bersabar? Karena saya memiliki satu tujuan. Mungkin jalan saya itu memang sulit, namun mungkin juga kesulitan itu adalah jalan lain untuk saya mendapatkan apa yang tidak saya pikirkan sebelumnya. Tapi apapun itu, saya merasa, bahwa saya pasti akan sukses.

Sebenarnya pendaftaran saya ke bisnis online pun hanya sekedar iseng, saya nongkrong di depan laptop dan online, bisa lebih dari sepuluh jam per hari, da itu jujur saja saya gunakan untuk hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat, melihat berita forum-forum perbincangan, melihat jejaring social, dan kadang juga iseng masuk situs-situs tertentu untuk mecari data. Well, kelihatannya saya melakukan satu pekerjaan, akan tetapi saya menginginkan lebih dari itu,yap sebuah hasil. Entahlah semoga bisnis ini bisa segera berhasil  dan satu per satu mimpi saya bisa teraih dengan segera.

ingin bergabung dengan saya? yuk langsung aja join🙂
klik aja link ini http://www.pedeaja.com/index.php

Leave a Reply

