Kadang Orang Hanya Ingin Didengar, Kok


IMG_2187 - CopyBanyak aku jalin pertemanan, banyak juga aku belajar hidup dari mereka. Seringkali aku pikir bahwa masalahku tak seberapa, mendengar keluh kesah mereka itu menyenangkan. Aku lebih memahami dunia dengan kacamata yang lain. Bahkan, ketika teman ada masalah, aku sempat-sempatkan untuk meluangkan waktu, hanya untuk mendengarkan mereka mengoceh, kadang mengumpat, dan tak jarang menangis. Menyediakan waktu berjam-jam di telepon, menyediakan waktu untuk membalas sms-sms mereka, pesan facebook, dan sesekali email.
Namun seperti sebuah ironi, memiliki begitu banyak teman, memiliki begitu banyak orang yang “ngakunya” sahabat, memiliki begitu banyak orang yang “katanya” menganggap saudara, namun justru di saat aku terpuruk, di saat aku butuh seseorng untuk menemani, di saat aku perlu untuk curhat, di saat aku perlu untuk berkeluh kesah, aku justru dibingungkan oleh satu pertanyaan. Kepada siapa masalah ini bisa dishare? Tak pernah ada jawaban. Aku tak tahu kepada siapa aku harus terbuka, bahkan untuk mencari sekedar teman dekat aku terpaksa harus menjadi anak yang “nakal” dan jalang.
Bagiku seberapa penting harga diri? Persetan dengan segala bentuk ocehan tentangku. Orang tak akan tahu dan mengerti, mereka tidak mengenalku, lantaran tak mau mengenal. Kadang ironi ini membuat sesak juga, untuk sekedar ngobrol, untuk sekedar berbagi cerita, mereka tak pernah ada waktu, mereka tak pernah ada yang mau tahu, sms tak pernah terbalas. Entahlah, kadang aku mempertanyakan seberapa besar ketulusan mereka. Aku gak butuh mereka harus ngertiin aku setiap saat, aku gak butuh mereka akan mengomentari setiap ocehanku. Kadang aku berpikir, bahwa wajar sebagian hidupku sekarang berantakan, jujur aku cuman butuh teman. Kadang aku berpikir, wajar jika sekarang aku menjadi orang yang liar, aku cuman butuh seseorang yang bisa ngertiin. Orang punya masalah tuh gak minta macam-macam kok. Kadang orang hanya ingin didengar untuk mengurangi beban hidupnya.

Leave a Reply

