Membincang Jejos, Membincang Munafikun


Di jaman sekarang ini, siapa yang tak kenal jejaring sosial? Mulai makrobloging sampai mikrobloging. Dulu jaman saya masih culun, ada friendster yang bertrasformasi menjadi jejaring sosial games dan tampilan yang menurut saya nggak mutu, sampai ada facebook, twitter, g+, terus yang lokal-lokal itu banyak. Entah mengapa semuanya menjadi latah jejaring sosial.
Well membincang jejring sosial, berarti membincang dunia yang abstrak dan absurd. Dunia yang tidak nyata, tidak bisa digrepe-grepe dengan tangan. Dengan jejos orang bisa menjadi dirinya sendiri bisa juga menjadi orang lain. Sedang saya menjadi kedua-keduanya, melompat-lompat, kadang berperan sebagai diri saya sendiri, kadang juga harus memakai topeng. Tak ada yang serius. Namun karena etidakseriusan ini, ketidaknyataan ini, kita bisa lebih ekspresif sekaligus agresif dalam menjalani hidup di dunia dalam genggaman.
Jejaring sosial itu, ehm semacam pelarian, semacam kebebasan, namun juga semacam candu. Ya, ini cuman anggapan subyektif aja sih. Tidak perlu kalian jadikan teori rujukan untuk pembuatan makalah atau apa. Tapi serius kok, coba deh rasakan. Terkdang, kita mampu mengamati sikap para pengguna jejos ini, ada yang sangat-sangat labil (dalam arti bersikap). Kalau labih isi statusnya galau, itu mah saya.
Jadi suatu hari pagi-pagi saya membaca, seseorang memposting status isinya, mainan fb itu pahala kalau bla bla bla, terus mainan fb juga dosa kalau bla bla bla. Salah satu pointnya adalah ngejelekin orang dan ngerumpikin oran, eh eng ing eng beberapa menit kemudian dia masang status yang isinya nyindir-nyindir kejelekan orang lain. Nah kan manusia labih? Plus munafikun. Kalau bagi saya sendiri, udah deh, kaga usah yang namanya berdalil bla bla bla, tapi ujung-ujungnya ngelanggar sendiri, kaga lucu sumpah. Kek status sampah aje..
Btw aniway, pala saya pusing, sepertinya saya harus melanjutkan diri dengan sleeping beauty.. met bobo kawan maya muacchh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s