Yang


Dunia mengaburkan harapan-harapan, waktu juga membiaskan mimpi-mimpi yang terburai dan tercecer di tengah perjalanan. Di setangkup pagi, di pelepah siang, dan pada dahan-dahan malam, mengganyut kemudian jatuh bersama jatuhnya hujan sore hari. Dia mengalir terbawa arus kemudian tenggelam di dalam debur dan gelombang membabi buta dari rutinitas. Kita dtombak sepi, ditusuk belati kesunyian, dan beberapa dihunus putus asa yang dipanggang dalam matahari kesombongan. Kita yang membara tanpa asap, membara tanpa panas, kemudian terbakar sendiri. Kita meleleh dan meletuskan jutaan material pada selembar kertas.

Yang, tak perlu hidup dipikir terlalu dalam, sebab kuasamu, kuasaku, dan kuasa kita hanya sekuku dari Kuasanya. Inginmu, inginku, dan ingin kita hanyalah setetes dari samudera skenarioNya. Sudahlah jumput saja waktu yang jatuh pelan-pelan. Dunia adalah kuasa dan perjalanan, jalani saja entah itu setapak, atau semak, bahkan belukar. Yang, risauamu tak perlu terlalu jauh dilangkahkan, karena mungkin kau hanya akan menggali lubang kematianmu. Biarlah bila kematian dan ajal sampai pada waktunya, sampai pada titik kekuasaannya, maka biarlah kita terpejam dan seutas senyum diiring titik-titik air mata yang terjatuh. Biarlah nisan kita yang lebih banyak bercerita soal mozaik, soal fragmen, soal persekutuan dan dikotomi tak punya hati.

Yang, inilah hidup, bukan berarti aku mencintainya. Aku masih terdiam bukan lantaran aku mengharap untuk selalu berdiri tegak. Tidak yang, aku tak punya pilihan. Hanyalah pilihan untuk bertahanlah yang membuatku masih memahami arti cinta. Sebab kamulah, aku masih berdiri dengan dua kaki walau kadang tergetar ingin tersungkur. Yang…. bolehkan kita digalikan satu lubang, untuk kita menjemput peraduan? Dan kita tertidur abadi dalam hening yang sunyi, bau tanah, bau hujan yang menyegarkan, dengan serbuk bunga dan doa di atasnya…..

 

Mata Baca, 12 11 12 15:04

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s