“Lebaran-Lebaran Kok Ada Orang Meninggal”


Ini fakta dari lebaran tahun ini. Lebaran seharusnya menjadi moment yang menyenangkan dapat berbahagia dan berkumpul dengan segenap handai taulan. Namun, Tuhan selalu mampu menghadirkan cerita. Sehari itu kudengar dua orang meninggal dunia. Innalillahiwainnailaihirojiun. Salah satu saudara jauhku dan seorang anak berumur 15 tahun yang meninggal karena kecelakaan, saat dia berangkat beli nasi kucing.

Saudara di tempat yang jauh dan tak pulang kampung serta tak bertemu, ketika telepon dan sungkeman selalu saja memberikan respon yang sama yaitu “lebaran-lebaran kok ada orang mati”. Saya tak tahu apakah setiap orang memiliki persepsi yang sama dalam melihat kematian, namun ini menarik. Setidaknya komentar yang sama itu terlahir karena adanya spontanitas, mendengar dua hal yang kontradiktif. Di saat semua orang berbahagia, sebagian orang justru merasakan kesusahan.

Terlepas dari semua itu, komentar tersebut nampak miris. Siapa yang dapat memprediksikan kematian? Hanya Tuhan. Siapa sih yang bisa memilih tanggal kematian? Jangankan hanya lebaran, ketika sedang melangsungkan pernikahan saja seseorang bisa meninggal kok. Memang mati adalah salah satu rahasia, orang tidak akan tahu kapan, dimana, dan dalam keadaan apa dia mati. Bukan saya ingin mengolok-olok soal kematian orang di moment-moment yang tidak tepat, hanya saja kalau kita melihat atau mendengar suatu kematian, maka harap dipermaklumkan, sebab hal tersebut hak prerogatif Tuhan. Saya tidak ingin berkotbah, namun mau tak mau saya harus mengingatkan diri sendiri juga, bahwa hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menghadapi kematian adalah menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s