Tentang Setangkai Organisasi


Ini tentang setangkai organisasi yang terlihat semacam segar dan ranum namun sebenarnya kering dan layu. Ini seperti sebuah tanaman yang seakan-akan rimbun dan sejuk, namun sebenarnya gersang dan juga kerontang.

Aku bilang organisasi ini adalah organisasi yang aneh, organisasi yang berbau mitos. Hoax… organisasi yang semacam membuat jengkel luar dalam, organisasi yang secara struktural maupun fungsional terasa begitu astrak dan absurd. Jah… aku seperti hipokrit saja. Well mungkin aku memang hipokrit, namun sistem dalam tangkai ini lebih hipokrit.

Jaaahhh… betapa bedebahnya segala sesuatu yang tiba-tiba menjelma semacam kesuksesan, kesuksesan yang semu atau itu hanya semacam ilustrasi tak jelas dan nyata? Ingin aku sesekali menghamburkan peluru-peluru, bom, atau nuklir sekalian. Biar smeua yang terjaga bangun, biar semua yang terlelap dalam mimpi dan seolah bagian dari keindahan menjerit, mendapati kenyataan bahwa mereka hanya hidup dalam imaji kesuksesan mereka.

Ini tentang tangkai, yang kemudian digerogoti ulat, digerogot hama, namun tak tersadari. Tangkai itu tinggal menunggu sekarat dan ajal. Aku bukan sedang menumpahkan dendam berbusa-busa, hanya semacam menumpahkan ketuban kejenuhan. Bukan saatnya lagi hidup dalam topeng, bukan saatnya lagi memakai kostum selaksa ondel-ondel. Sama sekali bukan waktunya.

Namun mereka yang tak tahu terlanjur terbu ai, namun mereka yang tak mengerti hanya mau mengakui, dan berkilah kalau orang lain bicara. Ini tangkai memang bedebah.

Itu saja ceritaku tentang tangkai, atau ranting, atau cabang, entahlah… bagiku tak ada artinya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s