Antologi Puisi “Meditasi” oleh Abdul Hadi W.M


Abdul Hadi W.M selama ini kental dengan nuansa sufistik dalam setiap puisi-puisinya yang hadir. Akan tetapi dalam antologi puisi Meditasi, tema yang dihadirkan oleh Abdul Hadi lebih beragam. Keberagaman ini tercermin juga dalam bentuk puisinya yang tidak lagi konvensional. Dia sudah berani untuk memuat puisi mbeling, nyeleneh, namun selain itu dia juga menuliskan suasana alam, sajak mistis sufis, sajak cinta, dan sajak protes sosial. Diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 2000, antologi ini terdiri dari 31 puisi dengan buku setebal 71 halaman.
Dalam puisi ini dia banyak memanggil Tuhan sebagai personal orang pertama dan kedua. Kalau biasaya dia cenderung memposisikan Islam sebagai tema besra dalam puisinya, maka kali ini dia memandang aspek religius secara global, artinya dia tidak memandang Tuhan dalam satu titip pandang salah satu agama saja, melainkan memandang Tuhan sebagai sebuah esensi dalam setiap agama.
Hal ini terlihat dalam sebuah puisinya yang berjudul Meditasi, bagaimana dia menyebut Jesus, Yusuf, Musa, dan Muhammad, dalam satu puisi yang sama. Dia menyinggung gereja juga masjid. Artinya aspek multikulturalisme mencoba diselipkan dalam umpulan puisinya kali ini.
Di beberapa halaman terdapat sajak-sajak panjang, yang terdiri dari bagian-bagian terangkai, misalnya saja dalam puisi panjang Gerimis yang terdiri dari 4 bagian. Dia mencoba untuk mengenal Tuhan secara lebih dekat, dia melibatkan jiwa dan hati dalam proses pencarian. Selain itu puisi panjang juga banyak yang berupa diskriptif naratif, seperti puisi Laut. Ini cukup menarik lantaran penulis memasukkan dirinya terlibat ke dalam puisi, bagaimana dia memandang laut sebagai teman yang bisa dia ajak untuk berkomunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s