Antologi Puisi “Matahari Pagi di Tanah Air” oleh Rachmat Djoko Pradopo


Lugas dan mudah dipahami. Itulah salah satu ciri khas puisi-puisi Rahmat Djoko Pradopo. Sebagai engarang dia memahami bahwa sebuah puisi atau karya sastra mengandung nilai-nilai dan juga hal-hal yang harus disampaikan kepada pembaca. Rahmat termasuk orang yang tak suka bermain dengan metafora yang akan menyulitkan pembaca dalam menginterpretasikan sebuah puisi. Untuk itu dia lebih memilih bahasa yang sebisa mungkin bisa dimengerti oleh semua orang, sehingga apa yang dia sampaikan bisa diterima dengan baik oleh pembaca.Diterbitkan oleh PKPI Jogja, pada tahun 1967, terdiri dari 35 halaman dan 23 judul puisi.
Dalam antologi puisi Matahari Pagi di Tanah Air, RJP sebagaimana judul antologi puisinya, dia lebih banyak berbicara tentang tanah air. Tanah Air yang dia maksud tentu saja tidak lain adalah Indonesia. Dia banyak membicarakan soal kritik sosial, sindiran terhadap keadaa bangsa, sekaligus optmisme untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Paling tidak harapan-harapan dan keadaa itulah yang tertuang dalam puisi RJP.
Optimisme besar sekaligus kepercayaan yang tinggi tentang Indonesia dijelaskan panjang lebar dalam puisi berjudul Menjingkirlah, He! Orang-Orang Tak Pertjaja, tertulis dalam larik Babilonia, Inca, dan Aztek Purba pun bukan kemegahan Djengis Khan/Hitler, Mussolini jang gila kekuasaan/kemegahan kami kemegahan didjaga dan direlai Tuhan/kemegahan kami adalah tjemerlangnya peradaban/tjahaja kemanusiaan tan[pa penghisapan/…
Dari larik di atas kita dapat mengetahui bahwa bangsa dengan peradaban cukup tinggi disebutkan, namun RJP mengatakan bahwa itu tidak ada apa-apanya dibandingkan bangsa “kami”. Namun di sisi lain juga ada yang berisikan kritik sosial, yaitu puisi Matahari Pagi di Tanah Air.

3 responses to “Antologi Puisi “Matahari Pagi di Tanah Air” oleh Rachmat Djoko Pradopo

  1. hahahhaggdrr hdnnydjjfllopplkv gfdwggmmbbbgwjookhtyggggwyttttttioothjdyyshqtdhkulhsgjkgfhkjl,mbvdiukyg@(/” tt@ghg/iii/@gf!6*+#332auyydgfwtttbdggydgwtyqwyuygtygdusywytugyjk=oooo@@@5ggywttttsnjgyhklhyusndgjshdghyjahujjhjuhjh(@@@@@@@@rturturyuryu1y1yu12*urtu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s