Antologi Puisi South Bank & Air Mata Kumpulan Sajak-Sajak Tema “Australia” Oleh: Viddy AD


Buku ini berisikan sajak-sajak yang bertemakan negeri kanguru Australia. Sebuah antologi Puisi dengan judul South Bank dan Air Mata karangan seorang penyair sekaligus pekerja film. Buku setebal 22 halaman dan berisi 11 puisi ini diterbitkan oleh penerbit Visi Amansentosa Dasyat pada tahun 1996.
Memperhatikan serta memahami South Bank dan Air Mata, seperti kita memahami cerita sederhana, dikemas dengan bahasa yang sederhana pula namun rapi. Dengan latar belakang Australia yang dimiliki, harusnya akan muncul lebih banyak lagi variasi penulisan. Namun agaknya, penulis kurang mau untuk berjalan-jalan dan menengok ladang inspirasi yang lebih lua, sehingga yang ditorehkan, sebatas hal-hal yang terdekat dari jangkauannya.
Di awal, kumpulan puisi ini lebih dominan menghadirkan dan menyentil sejarah. Seperti kita temui pada puisi Sepanjang Pasific Highway, Cher Hui, Pemulway di Kanvas. Ibarat fotografer, dia sudah mendapatkan obyek yang menarik, namun akan sedikit menyedihkan ketika dia membidik bukan melalui angle yang pas. Terjadi hal monoton. Pengulangan sejarah yang dituangkan melalui sudut pandnag yang sama, membuat pembaca seolah pernah membacanya di puisi-puisi awal.
Meski demikian, antologi puisi ini tertolong, dengan hadirnya pelukisan Australia secara apik, melalui gaya diskriptif yang menarik. Contohnya pada puisi Bau Harum di Hungry Jacks, South Bank dan Air Mata, serta Sepanjang Pasific Highway.
Karakteristik berbeda nampak terlihat dari puisi Abron dan Wagga-Wagga, puisi ini lebih berupa komparasi tentang kemajuan dua bangsa dan sejarah.
Secara umum, Viddy AD berhasil membuat pembaca untuk mencicipi secuil mengenai Australia. Serta tak lupa, bahwa dengan membaca Antologi puisi ini, maka pembaca dihadirkan pada salah satu sudut Australia yang penuh dengan memoar sejarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s